Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Faktor yang Perlu diperhatikan Supaya Tanaman Tumbuh Subur

Faktor yang Mempengaruhi Jenis Tanaman Kondisi Tanaman Mengapa Dapat Tumbuh Dengan Subur



Tanaman yang tumbuh dengan subur merupakan idaman bagi setiap petani. Tidak hanya petani saja, namun setiap orang yang menanam tanaman ingin mendapatkan tanaman yang hijau dan subur. Terdapat beberapa ciri dari jenis tanaman kondisi tanaman mengapa dapat tumbuh dengan subur. Perawatan yang baik adalah salah satu hal yang bisa mempengaruhi hal tersebut. Jika Anda seorang petani, mungkin Anda sudah paham tentang bagaimana tanaman yang subur dan cara untuk merawatnya agar tanaman bisa tumbuh dengan subur.



Kesuburan tanaman ternyata bisa dipengaruhi oleh banyak hal. Selain faktor dari tanaman itu sendiri, ada beberapa faktor lain yang bisa mempengaruhinya. Contohnya saja adalah faktor dari cuaca, faktor kesuburan tanah, faktor dari baik atau tidaknya perawatan dari tanaman tersebut, dan masih banyak lagi faktor lainnya. Nah, Anda pun juga bisa membedakan antara kondisi tanaman yang tumbuh dengan subur dengan tanaman yang tidak tumbuh dengan subur. Apa sajakah faktor yang mempengaruhi tanaman yang tumbuh dengan subur?

Faktor yang Mempengaruhi Tanaman yang Tumbuh Dengan Subur

Beberapa jenis tanaman kondisi tanaman mengapa dapat tumbuh dengan subur bisa dilihat dari kondisi tanaman itu sendiri. Anda bisa melihat kondisi kesuburan tanaman secara langsung dari kondisi fisik dari tanaman. Berikut beberapa ciri tanaman yang tumbuh dengan kondisi yang subur:

Kondisi tanah

Kondisi tanah yang subur merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kesuburan tanah. Tanaman yang ditanam di tanah yang gersang pasti berbeda dengan tanaman yang ditanam di tanah yang subur. Tanamlah tanaman di tanah yang gembur agar tumbuh dengan subur.

Pencahayaan

Agar tumbuh dengan subur, tanaman memerlukan cahaya matahari. Cukupilah kebutuhan cahaya matahari untuk tanaman agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Faktor irigasi atau pengairan

Faktor kesuburan tanaman juga dipengaruhi oleh irigasi atau pengairan yang baik. Jika tanaman disiram secara berkala dan teratur, maka tanaman pun akan tumbuh dengan subur. Jadi, usahakanlah memiliki sistem pengairan yang baik agar tanaman bisa tumbuh dengan subur.

Suhu

Suhu yang terlalu asam dan terlalu basa juga berpengaruh pada kesuburan tanaman. Terutama pada tanaman hidroponik. Tanaman hidroponik bisa tumbuh dengan subur jika tingkat keasamannya diatur dengan sebaik-baiknya.

Pemupukan

Salah satu hal yang mempengaruhi kesuburan tanah adalah pemupukan. Agar tumbuh dengan subur, tanaman memerlukan pemupukan yang cukup dan berkala. Takarannya juga harus pas dan tidak boleh berlebihan.
 

Itulah beberapa faktor yang mempengaruhi jenis tanaman kondisi tanaman mengapa dapat tumbuh dengan subur. Jika Anda mampu memenuhi faktor-faktor tersebut, maka tanaman yang ditanam pun akan tumbuh dan berkembang dengan baik. Budidayakan tanaman untuk membuat bumi menjadi semakin hijau. Selamat mencoba dan semoga berhasil.