Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Merawat Tanaman Air

3 Macam Tanaman Yang Hidup di Air Beserta Manfaatnya

Kajian terkait dengan sebuah tema tanaman yang hidup di air adalah sesuatu yang menarik untuk diketahui. Dalam ilmu botani, pembagian media pertumbuhan tanaman dibagi menjadi beberapa hal. Media pertumbuhan yang dimaksud adalah dengan menggunakan bahan tanah dan air. Meskipun seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, media yang digunakan dalam penanaman tumbuhan beralih pada media pasir dan gerabah, akan tetapi, pada umumnya tanaman akan sangat membutuhkan dua unsur tanah dan air.



Tumbuhan yang hidup di darat tentu sangat membutuhkan kedua unsur tanah dan air. Misalkan tanaman-tanaman seperti pohon mangga, jambu, jeruk, apel dan rambutan agar dapat hidup pasti membutuhkan media tanah dan air. Di sisi lain, terkait dengan jenis-jenis tanaman yang hidup di air belum banyak orang mengetahuinya. Sebab orang dengan kesibukan masing-masing akan sangat jarang memperhatikan hal ini. Kecuali memang orang tersebut suka akan kegiatan tanam-menanam tumbuhan disekitar rumah. Anda juga harus mengetahui beberapa jenis tanaman yang bisa hidup di air.

Di bawah ini uraian terkait tentang tanaman yang hidup di air beserta manfaat yang dapat ada di dalamnya.

1. Tanaman Eceng Gondok
Poin pertama dalam pembahasan mengenai sebuah tanaman yang bernama eceng gondok. Tanaman ini termasuk sebagai jenis tanaman air yang mudah didapat di segala tempat. Tanaman ini banyak ditemukan di negara Brasil tepatnya di sungai Amazon yang merupakan awal ditemukannya tanaman ini. Tanaman ini lebih tepatnya jika tumbuh di suatu tempat perairan yang luas. Misalnya seperti kolam, sungai dan area persawahan. Tanaman eceng gondok dapat digunakan untuk meminimalisir bau air ketika Anda sedang memelihara banyak ikan lele.

2. Tanaman Teratai
Poin kedua ini membahas tentang tanaman teratai yang tergolong sebagai tanaman bunga. Besar tanaman dengan jenis air ini berukuran sekitar 50-90 cm. Anda dapat menggunakan tanaman ini sebagai hiasan taman rumah yang terdapat kolam airnya. Bunga yang dihasilkan dari tanaman teratai akan sangat indah jika di manfaatkan sebagai tanaman hias.
 

3. Tanaman Pisang Air
Pembahasan terakhir yang terkait dengan tanaman yang hidup di air selanjutnya adalah tanaman pisang air. Tanaman ini memliki bentuk seperti pohon pisang, akan tetapi beda pada unsur daun yang dimiliki. Tanaman ini memiliki daun mirip tanaman talas. Anda dapat memanfaatkan tanaman ini sebagai tanaman hias yang memiliki daya jual yang tinggi.

Tanaman yang dapat tumbuh dengan media air sangat banyak manfaat serta kegunaannya. Terutama sebagai sebuah tanaman hias yang bisa digunakan untuk mengias kolam dan taman di sekitar rumah. Jenis-jenis tanaman yang hidup di air juga masih tersisa sangat banyak yang ada di dunia ini. Jika Anda ingin mengetahuinya, maka lakukanlah ekplorasi dengan banyak membaca sumber dan referensi yang ada. Hal ini akan membantu dalam hal mengetahui tanaman jenis air yang ada. Demikian pembahasan yang dapat di sampaikan dan semoga bermanfaat!