Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berbagai Jenis Tanaman Yang Hidup di Air

Macam- Macam Tanaman Hidup di Air

Keanekaragaman hayati di Indonesia begitu mempesona. Terdapat berbagai jenis tanaman yang bisa tumbuh di kebun maupun di air. Anda bisa memilih jenis tanaman yang bisa tumbuh di air baik sebagai tanaman hias maupun sebagai tanaman yang bisa dibudidayakan. Sebagian jenis tanaman hidup di air memiliki bentuk yang sangat unik dan mempesona. Tanaman bisa tumbuh di air laut, air tawar, air kolam, maupun air sungai. Artikel kali ini akan menjelaskan tentang jenis tanaman yang bisa hidup di air dan memiliki bentuk yang unik dan mempesona.



Tanaman air dikategorikan menjadi beberapa macam. Hal itu dibedakan dari tempat perkembangbiakannya dan cara perkembangbiakannya. Ada tanaman yang benar-benar hidup di dalam air, mengapung di air, maupun berakar di air. Untuk jenis tanaman hias yang memiliki akar di dalam air dan bercabang di dalam air, tanaman ini biasanya digunakan sebagai tanaman hias di dalam akuarium. Untuk jenis tanaman air yang tumbuh mengapung, tanaman ini biasanya digunakan sebagai tanaman hias untuk kolam.

Ini Dia Contoh Tanaman yang Bisa Hidup di Air

Apakah Anda sudah memiliki jenis tanaman hidup di air di rumah? Anda bisa membelinya di toko tanaman hias. Banyak jenis tanaman air yang memiliki bentuk yang unik dan mempesona. Nah, inilah beberapa contoh tanaman hias di dalam air yang bisa Anda pilih.

Vallisneria

Tanaman air ini merupakan salah satu jenis tanaman yang hidup di dalam air yang biasa digunakan sebagai tanaman hias di dalam akuarium. Tanaman ini bisa dibeli dengan mudah di pasaran. Tanaman ini berasal dari daerah Eropa Selatan. Bentuk daunnya tipis dan panjang sehingga tampak mempesona jika terkena gelombang air.

Eceng gondok

Tanaman air yang mengapung ini merupakan tanaman hias yang biasa digunakan untuk menghiasi kolam. Eceng gondok memiliki daun yang berbentuk unik dan memiliki bunga yang bagus. Perkembangbiakannya sangat cepat. Bentuk ujung daunnya yang meruncing memiliki tekstur yang sangat licin.

Elodea Densa

Tanaman ini memiliki cara perkembangbiakan yang cepat. Ukuran daunnya sangat pendek dan berbentuk lanset yang cukup kecil. Ada beberapa helai daun yang bisa tumbuh dalam satu ruas tanaman ini. Tanaman ini bisa digunakan sebagai tanaman hias untuk akuarium di rumah Anda.

Telanthera Lilacina

Tanaman ini memiliki keunggulan dari segi warnanya yang bagus. Biasanya, tanaman air memiliki daun berwarna hijau. Namun, tanaman ini memiliki daun yang berwarna merah. Tanaman ini bisa tumbuh dengan subur hingga mencapai panjang 30 cm. Anda akan mendapatkan akuarium yang bagus dengan menempatkan tanaman ini di dalam akuarium.

Itulah beberapa jenis tanaman hidup di air yang bisa Anda gunakan sebagai penghias kolam maupun akuarium Anda. Nah, tanaman air manakah yang paling Anda suka? Hiasilah akuarium dan kolam menjadi lebih indah dengan tanaman air yang mempesona.