Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Tanaman Hias Yang Terkenal di Indonesia

Contoh Tanaman Hias Bunga Terpopuler di Indonesia

Indonesia adalah surganya tanaman hias. Di Indonesia hampir semua jenis tanaman hias bisa tumbuh dengan baik. Karena itu jika di rumah Anda tidak ada tanaman hias maka patut disayangkan karena ada banyak contoh tanaman hias bunga, daun maupun buah yang bisa Anda pilih untuk mempercantik rumah Anda. Selain mempercantik rumah baik interior maupun eksterior, tanaman hias juga memiliki bayak manfaat. Ada tanaman hias yang bisa menyerap polusi, radiasi, bahkan bisa pula dikonsumsi. Berikut ini adalah jenis tanaman hias bunga yang paling populer saat ini.



Anggrek

Siapa yang tak kenal anggrek. Anggrek adalah contoh tanaman hias yang popularitasnya tak pernah menurun. Di Indonesia, ada ratusan jenis anggrek dengan bentuk dan warna bunga yang sangat beraneka ragam. Salah satu contoh anggrek terpopuler adalah anggrek bulan. Anggrek bulan ada yang berwarna putih dan ungu kemerahan. Bunganya berukuran cukup besar dan biasanya mekar hampir bersamaan dalam satu atau beberapa tangkai. Sekali berbunga bisa bertahan hingga beberapa hari sebelum layu.

Tanaman Hias Bunga Mawar

Contoh tanaman hias bunga lainnya adalah mawar. Siapa yang tak suka tanaman berduri ini. Mawar melambangkan cinta dan sangat cantik untuk melengkapi pekarangan atau taman Anda. Mawar ada banyak sekali jenisnya. Ada yang berkelopak besar, kecil, tebal, tipis, bertumpuk maupun tidak. Warnanya pun sangat beragam mulai dari putih, merah, ungu, kuning, pink. Menanam mawar di depan rumah diyakini bisa membawa kebahagiaan tersendiri bagi pemiliknya.

Krisan

Crysantemum atau krisan adalah contoh tanaman hias bunga terpopuler yang sangat cantik dan biasanya digunakan sebagai bunga dalam rangkaian karangan bunga untuk ucapan selamat dan sebagainya. Bunga krisan mudah dikembangbiakan dan sangat beraneka ragam. Ada krisan yang berukuran kecil namun ada juga yang lebar. Warna bunganya juga sangat variatif, ada yang putih, kuning, ungu, merah, pink, orange dan sebagainya. Bunga krisan mudah berbunga asalkan cukup sinar matahari dan subur.

Adenium

Adenium atau kamboja adalah salah satu jenis tanaman hias bunga yang menjadi favorit banyak orang. Selain bunganya yang cantik dan beraneka ragam, adenium juga memiliki bentuk batang yang unik serta mudah dibentuk sebagai bonsai. Adenium dalam pot bisa mempercantik ruangan ketika diletakkan di meja atau sudut ruangan. Jika ingin menanam jenis kamboja yang bisa berukuran besar juga boleh dan pastinya akan semakin menyemarakan pekarangan Anda.

Selain 4 jenis contoh tanaman hias bunga diatas masih banyak jenis tanaman hias bunga yang populer di Indonesia. Contohnya melati, melati merupakan tanaman perdu yang menjadi salah satu tanaman kebanggaan Indonesia. Melati ada yang berbunga harum, ada yang tidak. Cara mengembangbiakan tanaman ini sangat mudah karena cukup distek saja batangnya. Bunga melati tumbuh subur dan banyak berbunga jika cukup sinar matahari dan unsur hara dalam tanah.